Syeikh Abdul Qadir Bersujud dan Menangis karena Pertanyaan Seorang Pemabuk

Suatu Hari, kanjeng Syeikh Abdul Qodir al-Jailani bersama-sama    santri-santrinya sedang berjalan melewati sebuah gang di Kota Baghdad    l...

Suatu Hari, kanjeng Syeikh Abdul Qodir al-Jailani bersama-sama  santri-santrinya sedang berjalan melewati sebuah gang di Kota Baghdad  lama. Tiba-tiba, mereka bertemu dengan seorang pemabuk yang sedang  terbaring di selokan di pinggir Jalan. Pakaiannya kotor dan kumuh.

Tanpa terduga, pemabuk itu menghentikan langkah rombongan Syeikh Abdul  Qodir al-Jailani dan santri-santrinya. Ia memanggil-manggil Syeikh Abdul  Qodir al-Jailani seraya berkata,

"Wahai Abdul Qodir, Allah itu maha kuasa atau tidak?"

Sambil tersenyum ramah Syeikh Abdul Qodir menjawab pertanyaan itu, “Tentu, Allah Maha Kuasa."

Seolah tidak mendengar jawaban Syeikh Abdul Qodir al-Jailani, pemabuk  bertanya kembali, “Wahai Abdul Qodir, Allah itu Maha Kuasa atau tidak?"

Dengan senyum penuh kasih sayang, Syeikh Abdul Qodir al-Jailani  meladeni pertanyaan pemabuk itu, "Pasti, Allah adalah Dzat Maha Kuasa  atas segalanya ."

Untuk yang ketiga kalinya, pemabuk itu mengajukan pertanyaan yang sama, “Wahai Abdul Qodir, Allah itu Maha Kuasa atau tidak?"

Di saat pertanyaan yang ketiga, tiba-tiba Syeikh Abdul Qodir al-Jailani  menangis tersedu. Beliau bersujud kepada Allah lalu berkata,

"Demi Allah, wahai saudaraku, Allah itu Maha kuasa, Maha Kuasa, Maha Kuasa."

Setelah itu, Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani memerintahkan kepada  santri-santrinya untuk membawa pemabuk itu ke pondok dan memandikannya.  Mereka juga diperintahkan untuk memuliakan dan melayani dengan  sebaik-baiknya.

Melihat sikap dan tindakan gurunya, santri-santri  itu terkejut dan penasaran. Akhirnya, mereka memberanikan diri untuk  bertanya tentang rahasia di balik pertanyaan pemabuk itu.

Syeikh Abdul Qadir al-Jailani mendengar pertanyaan santri-santrinya dengan sabar penuh perhatian. Beliau lalu berkata,

"Wahai Anak-Anakku, maksud pertanyaan pertama pemabuk itu adalah,  apakah Allah Maha Kuasa untuk menerima taubatku atau tidak? Maka aku  jawab: ‘Tentu, Allah Maha Kuasa untuk menerima taubatmu’.

“Sedangkan, maksud pertanyaan yang kedua adalah, apakah Allah Maha Kuasa  menjadikanku berada pada kedudukanmu? Maka aku menjawab: ‘Tentu, Allah  Maha Kuasa untuk itu’.

“Pertanyaan yang ketiga maksudnya, apakah  Allah Maha Kuasa menjadikanmu berada di posisiku? Pertanyaan ketiga  inilah yang menyebabkanku menangis karena takut kepada Allah, lalu aku  jawab dengan Hati tergetar: “Tentu, Allah Maha Kuasa, Maha Kuasa, Maha  Kuasa’.

“Pertanyaan itu pula yang mendorongku untuk bersujud dan  berdo'a kepada Allah agar tidak menjadikanku merasa aman terhadap  rencana Allah, semoga Allah memelihara kesehatanku dan menutup aibku.

(Kisah ini  di sampaikan oleh Al Habib Thohir bin Abdullah Al Kaff  dalam Haul Ke-10 Hadratusy Syeikh Achmad  Asrori Al Ishaqi ra. pada 02  Mei 2019/27 Sya'ban 1440 H).

COMMENTS

Name

2014,1,Berita pendidikan,1,cpns,1,dhuafa,1,filsafat,1,filsafat indonesia,1,filsafat timur,1,indonesia,1,karakter anak,1,ketakutan,1,ketakutan pada anak,1,Kisah hikmah,8,mengatasi ketakutan pada anak,1,motivasi kehidupan,1,panti asuhan,1,panti asuhan ponorogo,2,pendaftaran siswa baru,1,pendidikan,7,pendidikan anak,2,pendidikan gratis,2,pendidikan madrasah,2,pesantren,1,pondok pesantren ponorogo,2,ponorogo,2,reog ponorogo,1,Sejarah Islam,1,Tarikh,2,yatim,1,
ltr
item
Ulhikam: Syeikh Abdul Qadir Bersujud dan Menangis karena Pertanyaan Seorang Pemabuk
Syeikh Abdul Qadir Bersujud dan Menangis karena Pertanyaan Seorang Pemabuk
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjLP1PpcH267kJFn66O135Td-aAxOzZilreb0fJvyu6Wfw1RuHBhMkh5BN2b_ymNvUKGH4PVW8XOKCEj5S1vwb1IWUIxDP2lcNmw6fqJg3Gx7OgbUhAytgruDEkKRVsPoUwk9y-srBeaNjm/s320/FB5FC02D-CF28-4FF3-A028-939556C6D17D.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjLP1PpcH267kJFn66O135Td-aAxOzZilreb0fJvyu6Wfw1RuHBhMkh5BN2b_ymNvUKGH4PVW8XOKCEj5S1vwb1IWUIxDP2lcNmw6fqJg3Gx7OgbUhAytgruDEkKRVsPoUwk9y-srBeaNjm/s72-c/FB5FC02D-CF28-4FF3-A028-939556C6D17D.png
Ulhikam
https://ulhikam.blogspot.com/2020/11/syeikh-abdul-qadir-bersujud-dan.html
https://ulhikam.blogspot.com/
https://ulhikam.blogspot.com/
https://ulhikam.blogspot.com/2020/11/syeikh-abdul-qadir-bersujud-dan.html
true
2867800781637411139
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close