Kisah Raja dengan Hari Naas dan Hari Baiknya

Dahulu kala, sebelum kedatangan Islam, Jazirah Arab dipimpin oleh seorang raja bernama Nu’man bin Mundzir. Raja ini memiliki kebiasaan aneh,...

Dahulu kala, sebelum kedatangan Islam, Jazirah Arab dipimpin oleh seorang raja bernama Nu’man bin Mundzir. Raja ini memiliki kebiasaan aneh, dia menetapkan di dalam setahun, ada hari baik dan ada hari naas. 

Dihari yg dia tetapkan sebagai hari baik, siapapun orang yang ditemuinya akan dihormati dan diperlakukan dengan baik. Sebaliknya, jika hari itu hari naas, orang yang menemuinya akan dibunuh tanpa alasan.

Pada suatu hari naas, Raja Nu’man melakukan perjalanan jauh untuk berburu. Saat beristirahat, Raja duduk di kemah dikelilingi para menteri dan pengawalnya. Tiba-tiba atanglah seorang laki-laki dari pedalaman lewat di depan kemah. Dia masuk ke kemah itu kemudian menyampaikan salam hormat, ”’Im shobahan.” (Setelah Islam datang, kalimat ini diganti dengan assalamu’alaikum.)

Raja Nu’man segera memerintahkan para pengawalnya untuk menangkap laki-laki yg datang itu.

“Kamu akan aku bunuh sekarang.” kata Raja.

“Mengapa?” tanya laki-laki itu keheranan.

“Ini hari naas, setiap orang yang menemuiku harus mati.”

“Tolong jangan bunuh hamba. Hamba punya anak-anak kecil dan beberapa istri.” pinta laki-laki itu.

“Tidak ada urusan dengan itu semua. Kamu harus mati. Titik.” tegas Raja.

“Baiklah jika memang hamba harus dibunuh, beri hamba tenggat waktu. Biarkan hamba pulang dahulu mengatur segalanya untuk keluargaku. Kemudian hamba akan kembali ke tempat ini.” kata lelaki itu dengan memelas.

“Siapa yg menjamin kamu akan kembali ke sini?” tanya Raja.

Laki-laki itu memandang semua yang hadir di kemah itu satu per satu. Tetapi tidak ada satupun yang dikenalnya. Dilihatnya ada seorang yg tampan dan gagah. Dia juga memiliki sikap yang baik. Dia adalah Abbas bin Ziyad. Laki-laki yang akan dibunuh itu berkata sambil menunjuk ke arah Abbas, “Orang ini yang akan menjaminku.”

Raja memandang kepada Abbas sambil berkata kepadanya, “Apa kamu bersedia menjamin kedatangannya? Jika dia tidak kembali, aku penggal lehermu.”

“Hamba bersedia menjamin kedatangan orang ini. Kita tunggu sampai matahari terbenam.” jawab Abbas.

Raja memerintahkan untuk melepas laki-laki itu. Dia segera bergegas pergi sambil berkata, “Aku akan kembali sebelum matahari terbenam.”

Pada saat matahari berwarna kekuningan dan hampir terbenam, Raja menoleh kepada Abbas, “Orang tadi tidak akan kembali.”

“Tunggulah, hingga matahari benar-benar tenggelam.” kata Abbas penuh rasa yakin.

Ketika matahari tenggelam dan malam mulai tiba, Raja berkata kepada Abbas, “Bersiaplah untuk mati.”

“Janganlah tergesa-gesa, wahai Rajaku.” jawab Abbas.

Abbas memandang di kejauhan, tiba-tiba dilihatnya ada sesosok bayangan hitam. Dia berkata, “Barangkali dia lelaki itu.”

Sosok hitam itu semakin mendekat, dan ternyata memang dia adalah laki-laki yang akan dibunuh tersebut. Dengan terengah-engah karena capek berlar, sambil duduk dia berkata, “Apakah hamba memenuhi janji?”

Raja memandang kepadanya dengan penuh rasa takjub. Orang yang akan dibunuhnya bersedia menepati janji untuk kembali. Padahal jika dia tidak kembali, sudah ada orang yang menggantikannya untuk dibunuh. 

Lagi pula, tidak ada seorangpun yang tahu dimana dia tinggal. Penasaran dengan peristiwa menakjubkan yang dialaminya hari itu, Raja bertanya kepada laki-laki yang akan dibunuhnya, “Apa alasan yang membuatmu kembali kesini mengantar nyawa?”

“Hamba takut kelak orang-orang akan berkata, menepati janji telah hilang dari orang Arab.”

Raja kemudian menoleh kepada Abbas, dan bertanya juga dengan penuh rasa takjub, “Apa alasan kamu bersedia menjamin orang ini, padahal kamu sama sekali tidak mengenalnya?”

“Hamba takut kelak orang-orang akan berkata, saling percaya telah hilang dari orang Arab.” jawab Abbas.

Raja lantas diam berpikir sejenak. Bingung, jadi membunuh atau tidak. Kemudian berkata, “Aku tidak ingin menjadi yang terjelek di antara kalian, nanti akan dikatakan, kasih sayang & murah hati telah hilang dari orang Arab. Aku tidak jadi membunuhmu.”

Lelaki dari pedalaman itu akhirnya dibebaskan.

Semenjak peristiwa itu, sang Raja pun menghapus adanya hari naas.

COMMENTS

Name

2014,1,Berita pendidikan,1,cpns,1,dhuafa,1,filsafat,1,filsafat indonesia,1,filsafat timur,1,indonesia,1,karakter anak,1,ketakutan,1,ketakutan pada anak,1,Kisah hikmah,8,mengatasi ketakutan pada anak,1,motivasi kehidupan,1,panti asuhan,1,panti asuhan ponorogo,2,pendaftaran siswa baru,1,pendidikan,7,pendidikan anak,2,pendidikan gratis,2,pendidikan madrasah,2,pesantren,1,pondok pesantren ponorogo,2,ponorogo,2,reog ponorogo,1,Sejarah Islam,1,Tarikh,2,yatim,1,
ltr
item
Ulhikam: Kisah Raja dengan Hari Naas dan Hari Baiknya
Kisah Raja dengan Hari Naas dan Hari Baiknya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhCIIeNZl3oKBrpg9g_a6u4uKglHmxu0qaUuqHKvJ8bE3wMXEIeVhz4_yz10q8qpKnwnHtSH2Q2m7BHgswfB6BhjGetkjij2eBupKPO1vIbTecxrVzOdAVFG3tV-vGZmTMXVwfCDwK4BR6g/s320/7059F1D2-0B4C-4FC2-B327-C8C7E9E5ADBC.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhCIIeNZl3oKBrpg9g_a6u4uKglHmxu0qaUuqHKvJ8bE3wMXEIeVhz4_yz10q8qpKnwnHtSH2Q2m7BHgswfB6BhjGetkjij2eBupKPO1vIbTecxrVzOdAVFG3tV-vGZmTMXVwfCDwK4BR6g/s72-c/7059F1D2-0B4C-4FC2-B327-C8C7E9E5ADBC.png
Ulhikam
https://ulhikam.blogspot.com/2020/10/kisah-raja-dengan-hari-naas-dan-hari.html
https://ulhikam.blogspot.com/
https://ulhikam.blogspot.com/
https://ulhikam.blogspot.com/2020/10/kisah-raja-dengan-hari-naas-dan-hari.html
true
2867800781637411139
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close